SUZUKI ERTIGA

 

Image

Setelah lama ditunggu-tunggu, Suzuki Ertiga akhirnya resmi meluncur. Mobil tiga baris berkapasitas tujuh penumpang ini resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Ertiga lahir untuk masuk di pasar mobil penumpang di segmen low-end multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia yang memang ceruk pasarnya paling besar. dari segi kelengkapan fitur, harga, hingga tampilan eksterior dan interior, mobil ini siap menjadi penantang tangguh buat All New Avanza dari Toyota, All New Xenia dari Daihatsu, bahkan melawan Grand Livina dari Nissan sekalipun.

Ertiga yang diimpor dalam bentuk terurai (CKD0 dari pabrik Suzuki Maruti di India dan dirakit di pabrik Suzuki di Bekasi ini, dipasarkan dalam tiga tipe, GA (tipe terendah), GL dan GX (tertinggi), dengan range harga mulai Rp 143 juta (terendah) dan Rp 165 (tertinggi), semuanya dalam kondisi on the road.

Mr. Akira Utsumi, Presiden Direktur Suzuki Indomobil Motor dan Suzuki Indomobil Sales mengatakan, Ertiga menggunakan basis platform hatchback New Suzuki Swift yang diluncurkan ke pasar dunia pertama kali pada 2010.

Menurutnya, Ertiga merupakan mobil yang memenuhi eksptetasi dan selera berkendara masyarakat Indonesia yang suka akan mobil dengan kapasitas penumpang banyak dan tetap nyaman dikendarai, bahkan untuk perjalanan jarak jauh.

“Kami sudah mempelajari selera dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Semua pasti memahami, Ertiga adalah kendaraan yang fun to drive,” kata Utsumi pada acara peluncuran.

Hisanori Matsushima, Chief Designer Vehicle Line II Suzuki Motor Corporation mengatakan, Ertiga merupakan mobil dengan desain yang stylish namun memberikan kenyamanan. “Kami memberikan DNA hatchback Swift pada Ertiga ini dengan suspensi McPherson Strut dengan Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang,” kata dia.

Dia menyebutkan, sebelum memproduksi Ertiga, tim desainer Suzuki Motor Corporation beberapa kali datang ke Indonesia untuk mempelajari selera masyarakat terhadap mobil.

Ertiga menggunakan mesin berpenggerak roda depan tipe K berkode K14B berkapasitas 1.373 cc dengan tenaga maksimum 94 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk aspek keamanan, mobil ini dilengkapi high tensile steel yang serbaguna untuk menghasilkan bodi yang sangat rigid serta side beam impact pada seluruh pintu penumpang untuk mencegah efek benturan dari samping. (Choirul Arifin/Arif)

Baca selengkapnya di koran digital TRIBUN JAKARTA

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: