– Permasalahan Email Bouncing


Ketika anda mengirim email, SMTP server berusaha mengirimkannya ke tujuan (ke alamat pada To:; Cc; dan Bcc). Email akan melalui banyak SMTP server sampai mencapai POP3 (Post Office Protocol) server tujuannya. Jika email sukses terkirim ke POP3 server, email tersebut akan menunggu penerima membaca pesan dengan menggunakan email client-nya.

Kadang pesan tidak dapat terkirim ke POP3 server penerima. Dalam kasus ini SMTP server akan mencoba beberapa kali agar pesan dapat dikirim jika permasalahan hanya karena server yang down. Beberapa SMTP server akan mengirimkan pesan “retry” pada anda jika hal ini terjadi, atau mungkin juga tidak. Tidak ada yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini, tapi akan sangat menguntungkan jika kita bisa mengetahui apakah pesan terkirim atau tidak. Pengiriman pesan “retry” mungkin akan berguna jika penundaan yang terjadi adalah akibat kesalahan ketik alamat email, sehingga anda dapat meng

irim ulang ke alamat email yang benar.

Jika pesan tidak terkirim untuk suatu alasan, sebuah pesan “bounce” akan terkirim pada anda. Bentuk pesan ini beragam, tergantung pada konfigurasi server yang mengirimkan pesan. Baca pesan tersebut dan anda akan

tahu mengapa email tidak terkirim.

1.Mailbox penuh : Penerima pesan anda memiliki terlalu banyak pesan dalam inbox mereka.

2.Pesan melebihi batas ukuran : pesan yang anda kirim terlalu besar untuk mailbox penerima. Beberapa ISP membatasi ukuran pesan dan ISP lain ada yang membatasi ukuran mailbox.

3.Forward yang tidak sesuai akan mengakibatkan loop email : Artinya  pesan berada dalam lingkaran, misalnya alamat email A mengirim ke alamat email B, yang memforward ke A yang memforward kembali ke B dan seterusnya.

4.Penerima tidak dikenal : Alamat penerima tidak dikenal. Coba periksa ejaan anda, atau mungkin alamat email tersebut sudah dihapus. Jika anda merespon spam email, mungkin usernamenya palsu.

5.Hubungan terputus : Ini berarti POP3 server terlalu sibuk atau bermasalah. Coba ulangi lagi nanti.

6.Domain tidak ditemukan : bagian dari alamat email dibelakang tanda @ tidak benar. Periksa ejaan anda.

 

Dikutip pada 17 Juni 2008   07:08:29 ( Sys Admin TSDC ) http://www.telkomspeedy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: